efek salju

Friday, January 11, 2013

Sumpah Pemuda


SUMPAH PEMUDA
Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan.Sumpah pemuda itu berisi Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua, kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga, kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
 Untuk menghormati sumpah pemuda, pemerintah membangun Museum Sumpah Pemuda.Museum Sumpah Pemuda adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat dan dikelola oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Museum ini memiliki koleksi foto dan benda-benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda 1928, serta kegiatan-kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia. Museum Sumpah Pemuda ini didirikan berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta pada tahun 1972 dan menjadi benda cagar budaya nasional.
Setelah mengetahui sejarah tentang sumpah pemuda, mari kita lirik bagaimana keadaan pemuda pada zaman dahulu dan sekarang.Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini.Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini. Dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, gerakan pemuda dan mahasiswa sering menjadi tombak perjuangan nasional.
Gerakan perjuangan pemuda dan mahasiswa sebagai kontrol pemerintahan dan kontrol sosial terus berkembang pesat, hingga terjadi Tragedi Trisakti yang merupakan gerakan perjuangan pemuda dan mahasiswa. Gerakan ini menuntut reformasi perubahan pemerintahan yang KKN (korupsi, kolusi dan Nepotisme) dan memaksa Presiden Soeharto untuk turun dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia.
Sejarah panjang gerakan pemuda dan mahasiswa merupakan salah satu bukti eksistensi dan tanggung jawab sebagai rakyat Indonesia dalam memberikan perubahan dan memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia.Bagaimana dengan pemuda sekarang? Apakah masih sama seperti generasi terdahulu? Lebih baguskah? Atau malah menjadi buruk? Pemuda adalah harapan bangsa. Pernyataan ini akan sangat membanggakan bagi masyarakat Indonesia apabila dapat menjadi kenyataan. Akan tetapi, faktanya membuktikan bahwa pemuda Indonesia saat ini cenderung mengkhawatirkan perilakunya bagi kelanjutan masa depan bangsa ini.
Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kasus yang terjadi pada generasi muda antara lain kasus narkoba, kejahatan, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Peranan pemuda dan mahasiswa tentunya masih sangat diperlukan untuk regenerasi dalam mewujudkan dan melanjutkan cita-cita bangsa ini yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan terdahulu.
Peranan pemuda dan mahasiwa terlihat sudah mulai terarah ke gerakan pemuda dan mahasiswa pada zaman reformasi. Bisa kita lihat pada peristiwa Kenaikan BBM kemarin. Unjuk rasa pemuda dan mahasiswa terlihat anarkis. Jika Kenaikan Harga BBM benar-benar terjadi, bisa saja unjuk rasa pemuda dan mahasiswa menjadi unjuk rasa besar-besaran, seperti Tragedi Trisakti pada zaman reformasi.
Ditinjau dari peran pemuda di bidang lingkungan. Terkait aksi nyata tersebut bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Misal mencoba untuk lebih peduli dengan kondisi lingkungan sekitar. Bumi ini sudah semakin tua. Lingkungan di Indonesia kini pun semakin memprihatinkan.  Permasalahan lingkungan merupakan masalah kompleks yang merangkul banyak pihak untuk turut memprioritaskannya menjadi bahan kajian utama perilaku solutif dan efektif dalam pemanfaatan sumberdaya alam. Isu-isu tentang lingkungan dikeluarkan dan diberitakan diman-mana baik melalui media cetak, media elektronik maupun dari mulut ke mulut. Pertemuan yang membahas tentang lingkungan juga semakin kerap dilakukan. Salah satunya adalah pertemuan di Bali yang mengangkat isu global warming yang dihadiri oleh negara-negara di dunia. Namun sangat disayangkan hingga saat ini masih belum banyak yang kita rasakan adanya perbaikan lingkungan secara nyata.  Untuk itulah diperlukan kampanye lingkungan yang semakin beragam dan intensif  sebagai jalan keluar dari permasalahan ini.
Dilihat dari segi positifnya, peranan pemuda terhadap kemajuan bangsa sudah membaik, misalnya dengan memenangkan kompetisi antar negara seperti olimpiade dan bebagai hal lainnya. Dengan pemuda menjadi pemenang atau hanya berpartisipasi, itu sudah menjadi peranan dalam kemauan bangsa.
Tetapi yang terlihat saat pemuda Indonesia walau banyak sisi baiknya sisi buruknya lebih banyak. Jadi sebagai pemuda Indonesia yang punya peranan besar dalam kemajuan bangsa ini kita harus mencerminkan sikap-sikap pemuda terdahulu seperti pantang menyerah dan lain-lain di zaman sekarang yang segalanya serba instan. Selamat berjuang para pemuda Indonesia untuk Indonesia yang lebih baik. Salam Pemuda. (AT/RRF)

No comments:

Post a Comment